Main ke Bandung? Jangan Lupa Kulineran!

Main ke Bandung? Jangan Lupa Kulineran!

Sepertinya tak afdol jika hanya menginap di hotel YELLO Paskal Bandung untuk berjalan-jalan di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat tanpa berkuliner. Sebab, sejatinya berlibur bukan hanya pergi menjelajahi tempat wisata saja, melainkan bisa juga dengan menjelajahi beberapa kuliner. 

Terlebih, jika Anda bukan berasal dari Jawa Barat, mencicipi makanan khas Bandung dan Jawa Barat yang manis, pedas, ataupun asam pasti akan menarik. Tak perlu khawatir soal harga, karena sebagian besar harganya sangat terjangkau. 

Maka jangan lewatkan beberapa kuliner yang wajib untuk dicicipi di Kota Bandung berikut. 

  1. Kue Burayot 

Kata “burayot” dalam bahasa Sunda berarti “menggantung”. Nama burayot diberikan pada kue ini karena proses penirisannya dilakukan dalam posisi digantung pada sebuah bambu kecil. Sehingga, kue burayot akan punya wujud akhir seperti bunga terompet (meruncing pada salah satu ujungnya).

Kue burayot sendiri terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula, dan kacang tanah. Soal rasa tentu akan terasa unik. Sebab ketika dimakan, ada perpaduan manis legit dan lembut dari kacang tanah. Tak ayal, kue ini cocok untuk teman minum kopi dan teh. 

  1.     Rujak Cuka

Rujak cuka sebetulnya serupa dengan asinan betawi atau asinan bogor. Bedanya, asinan betawi berisi sayur-mayur, asinan bogor berisi buah-buahan, sedangkan rujak cuka berisi sayur atau buah yang bercita rasa asam, pedas, dan manis. Untuk bumbunya tak begitu beda dengan kedua asinan tersebut, yakni campuran cabai merah, cabai keriting, terasi, garam, dan ebi yang dihancurkan. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu pelengkap buka puasa di daerah-daerah di Jawa Barat. 

  1.     Tahu Susu Lembang 

Jika Anda menginjakkan kaki ke daerah Lembang, tahu susu ini akan banyak Anda temui. Tahu susu memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Sebab, ia terbuat dari kedelai yang dicampurkan dengan susu murni. Tahu susu biasanya digoreng dan disajikan dengan cabai rawit hijau atau sambal kecap. 

  1.     Karedok 

Sepertinya Anda sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Ya, karedok adalah makanan khas Sunda yang dijuluki sebagai salad buah Sunda. Pasalnya, makanan satu ini terbuat dari sayur-sayuran mentah yang dicampur dengan kencur dan saus kacang. Secara tampilan, karedok mirip seperti gado-gado.

  1.     Ongol-Ongol 

Ongol-ongol juga menjadi salah satu kuliner yang wajib dimakan di daerah Bandung. Meski saat ini ongol-ongol sudah ada di sebagian daerah di luar Bandung, tapi merasakan yang asli pasti tak akan sama, bukan? Ongol-ongol merupakan camilan ringan yang terbuat dari tepung sagu aren, air, gula merah, dan ditaburi parutan kelapa. Namun, ada juga ongol-ongol yang terbuat dari parutan singkong dan santan kental. Camilan berbentuk kubus ini punya tekstur kenyal dan cita rasa yang manis dan gurih. 

  1.     Mi Kocok 

Kuliner wajib Kota Bandung yang tak bisa kamu lewati adalah mi kocok. Panganan berisi mi kuning, tauge, bakso, dan kikil yang disiram dengan kuah kaldu sapi ini bisa kamu temui di banyak kawasan di Bandung. Kekhasan mi kocok berasal dari proses memasak mi-nya yang tentu saja dikocok dalam sebuah wadah sebelum dicelupkan ke dalam air panas. Dicoba, ya!

Itu dia beberapa menu kuliner yang tak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke Bandung. Semoga kunjunganmu menyenangkan, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published.